Jumat, 17 Februari 2017

DISTRIK ILU_KAB_PUNCAK_JAYA_PROVINSI_PAPUA_TENGAH



Foto: distrik ilu, jalan wamena ke puncak jaya



Waktu saya masih kecil saya tinggal jauh dari kota illu, Jaraknya jalan kaki dari kampung saya ke kota illu keluar dari pagi hingga sore baru tiba, di kota illu. selama saya tinggal di kampung namanya Aringak. kampung aringak adalah salah satu daerah yang istimewa buat saya' kenapa saya bi lang is timewa' karena setiap hari saya menghabiskan waktu di hutan mencari kus-kus dan burung, dengan teman-teman dan om-om saya dari pagi kami keluar sampai masuk sore habis cari kus-kus dan burung dari hutan, maka hal itu saya tidak bisa mel upakan kenangan semasih kecil saya tapi ada satu hal yang lebih penting lagi yaitu :

1. kenapa sampai saya bisa sekolah? "mau tau alasannya"

Alasanya adalah waktu itu mama saya pergi ke pasar membawa jualan ke kota illu, lalu kaka saya ini dia sekolah juga di kota illu di SMP N1 ILLU. kaka saya tinggal dengan guru orang biak, kemuadian kaka saya itu dari illu ke kampung aringak. untuk mengajak saya sekolah di kota illu. Tapi saya tidak tau rencana kaka datang jemput saya di kampung halaman. kaka hanya membawa sebuah seragam SD, sepasang dengan sepatu dan topi sedangkan waktu itu saya tidak pernah memakai pakaian dan saya pun tidak suka pake-pakean dan sepatu dan sebagainya. Lalu kaka saya punya alasan yang cepat untuk mengucapkan kepada saya. Ade kaka mau bilang sama ade jadi, ade mau ka? tidak ikut kaka pergi cari kus-kus di hutang lalu saya bilang mau kaka. begitu saya bilang mau. kaka langsung bilang ke saya kalo begitu ade coba pake-pakean ini. Kaka ada bawah pakean dan sepatu buat ade dan saya pun memakai baju, celana, topi, dan sepatu. Dari situ kaka saya memaksakan untuk saya untuk memakai baju, celana dan sebagainya itu dan saya dengan kaka pergi cari kus-kus baru sore pulang kerumah landsung kaka saya balik ke kota illu dan kk saya hanya bilang nanti saya datang lagi. Satu minggu kemudian kaka saya pergi lagi ke kampung membawa baju,celana, tas, buku dan polpen dsbt. kemudian kaka saya mengajak saya ke kota illu jalan-jalan tapi saya tidak tau buku itu untuk apa kaka bawah kasih ke saya. lalu saya dengan kaka saya ke kota baru sambil di jalan sempat saya lihat di depan sekolah SD YPPGY 1 ILLU. Banyak anak-anak SD, lagi bermain-main jam istrahat lalu saya tanya kaka saya. Kaka anak-anak banyak sekali itu bikin apa dan kenapa mereka memakai baju seragam yang kaka kasih ke ade begitu hampir sama ka? lalu dari situlah kaka saya menceritakan tentang pendidikan dan kaka juga sempat bilang ke saya inilah maksud dan tujuan kaka membawa ade dari kampung ke kota illu adalah untuk sekolah. Lalu ada 1 kata yang saya ingat sampai sekarang. Ade tau tidak apa itu '' impian'' dan "cita-cita" lalu saya bilang saya tidak tau kaka. Apa itu artinya kaka. Tapi kaka hanya bilang kalau ade mau tau apa itu "impian" dan "cita-cita" ade harus masuk sekolah dulu baru tau sendiri, maka itu ade besok pagi kaka kasih masuk ade sekolah SD YPPGY ILLU, nanti ade akan tau di kemudian hari kalau ade sudah jadi orang sukses. kemuadian kaka saya kasih masuk saya sekolah di SD YPPGY ILLU. lalu bapa dan mama saya juga pindah ke kota illu dan saya tinggal dengan kedua orang tua saya lalu kaka saya selesai SMP N 1 ILLU Langsung kaka saya pergi merantau Orang mengejar cita-citanya. sedangkan saya tinggal di kota illu . waktu itu saya baru kelas 1 SD tinggal bersama bapa dan mama samapi kelas 4 SD, Bapa saya sudah tiada lagi karena bapa saya sudah di panggil oleh bapak yang maha pencipta langit dan bumi, terpaksa saya harus mencari nafkah sendiri. Hanya 1 pilihan yang ku lakukan selama bapa saya tiada bersama-sama dengan kami berdua. Pekerjaan saya adalah saya pergi ke rumah-rumah atau di kios-kios orang pendatang untuk mencuci piring, baju dan mencari kayu buah. setiap pagi jam 5 itu saya sudah pergi berdiri di depan pintu-pintu orang pendatang sampai kios-kios di buka lalu saya tanya-tanya ke orang-orang pendatang apakah ada piring kotor atau pakaian kalo ada boleh saya mencuci k? lalu kalo ada cucian yang kotor saya masuk mencuci, kalo tidak ada saya tunggu sampai jam 6.00 yang sampai ada yang memanggil saya untuk mencuci piring dll. hanya mencari uang sebesar Rp 10.000. mungkin bagi saya itu sudah secukupnya yang saya inginkan maksimal kalo tidak 7,000 kebawah tapi saya bersyukur karena zaman itu masih menggunakan uang 100 perak bukan 100 ribu yang sekarang ini. kalo saya dapat 10.000 berarti angkaplah itu uang besar. Hal yang buruk ketiga tidak ada orang yang memanggil saya untuk mencuci piring saya pulang pun dengan air mata ke rumah. ku lakukan ini hanya demi saya dan mama saya karena kaka -kaka saya sudah pada menikah semua. dan mereka pun tinggal jauh dari rumah kami dan mereka pun harus mencari nafkah untuk istri,suami, dan anak-anaknya maka saya dengan mama saya harus kerja keras untuk mencari nafkah. selama saya sekolah dari SD, SMP pekerjaan saya hanya mencuci. sampai saya selesai SMP saya pergi merantau orang mengejar impian dan cita-cita sampai saat ini saya masih di bangku kuliah. saya sangat berterima kasih kepada kaka saya dan keluarga saya yang selalu setia mendoakan saya selama saya di merantau orang." kusus untuk mamaku yang tercinta tak akan kulupakan selama aku masih bernafas "

''Bagi teman-teman di Rantau Ingatlah kalimat berikut ini"

Memang salah satu kuncinya mewujudkan impian adalah adanya keyakinan dalam diri. Ketika banyak orang yang meragukan, ketetapan hati menja di landasannya. Jangan pernah menera bagi yang punya berkeyakinan pasti smuanya itu akan nyata asal kita yakin dan percaya“. Lalu bagaimana dengan Anda? apakah Anda telah berhasil mewujudkan beberapa impian Anda? Setiap orang pasti mempunyai impian didunia ini, dan berusaha mewujudkannya. Mungkin ini beberapa langkah agar Anda dapat mewujudkan impian Anda:

1. Perjelas Mimpi Anda

Tentukan dengan jelas mimpi Anda. Jelaskan dengan konkret “definisi”nya. Jangan sampai Anda bingung sendiri terhadap apa yang Anda impikan. Dan jangan sampai terjebak padatujuan sarana (yang membantu Anda mencapai tujuan sebernanya), pastikan bahwa itu benar-benar apa yang Anda impikan. Contohnya, saya pernah bertemu dengan seseorang yang menginginkan menjadi seorang pemimpin di daerah asalnya. Namun ketika saya tanya kembali, mengapa Anda ingin menjadi pemimpin? Dan dia menjawab “Saya ingin mensejahterakan daerah asli saya”. Kembali saya bertanya “Terus kenapa Anda harus menunggu menjadi pemimpin?”. Dia hanya terdiam.
Tentukan dengan jelas tujuan akhir Anda. Apa yang sebenarnya Anda inginkan. Bantu diri Anda dengan menentukan kapan Anda bisa mewujudkannya. Hal ini akan membantu Anda merencanakan apa yang ingin Anda capai dan bagaimana mencapainya. Tulislah, hal ini akan membantu Anda. Visualisasikan semuanya. Serta Jangan ragu untuk mengungkapkan semua mimpi Anda dan biarkan Allah yang akan menunjukan jalan Anda.

2. Pahami mengapa Anda mengimpikannya

Mengapa Anda harus mencapainya? Mengapa Anda harus berjuang mendapatkan? Buat daftar alasan mengapa Anda harus mewujudkan impian Anda. Hal ini akan membuat Anda terinspirasi untuk mencapainya. Resapi daninternalisasikan dalam diri Anda. Pastikan bahwa semua itu penting bagi Anda.

3. Rencanakan mimpi Anda

Mulai rencanakan bagaimana Anda mencapainya. Ibarat ingin pergi kesebuah kota impian. Apa saja yang Anda butuhkan untuk mencapainya kota tersebut, “kendaraan” apa saja yang bisa membawa Anda kesana? Jalan-jalan mana saja yang harus Anda lalui. Prediksi tantangan-tantangan yang akan Anda temui, siapkan stategi untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Bayangkan resiko terburuk bila anda tidak dapat mencapai. Buat beberapa alternatif perencanaan. Hal ini akan membuat Anda siap untuk melangkah, menggapai impian Anda.

4. Take Action? Artinya ambil tindakan.

.''wanimbonak awone mbanak Tati kuli logowak''

nebineba
.II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar